Minggu, 01 April 2012

SEJARAH SINGKAT PALANG MERAH


Palang Merah Internasional
                Pada tanggal 24 Juni 1859 di Salferino (Italia) terjadi pertempuran antara Raja Prancis Yosep dengan tentara Napoleon dari Australia, selama 15 jam, kurang lebih 4.000 orang terluka dan 30.000 oranng meninggal.
Keesokan harinya, muncul seorang Swis yang menolong korban, bernama Jean Hendry Dunant yang lahir di Genewa pada tanggal 8 Mei 1828 dan meninggal di Heiden pada tanggal 30 Oktober 1910. Ayahnya bernama Jean Jaeques Dunant dan ibunya  bernama Ane Antoniete Coladon yang mendorong Hendry Dunant untuk pergi ke The Lady Of The Lamp , yaitu Floren Night Angle.
 Floren Night Angle lahir di Arnold Stad (Inggris) pada tanggal 12 Mei 1980 dan meninggal di Inggris pada tanggal 13 Agustus 1910. Dia adalah pelopor yang memberikan pertolongan pada perang clean (dingin) antara Inggris dan Perancis pada tahun 1854. Ayahnya bernama William Edward Shord dan ibunya bernama Prancis Smith.
Dia seorang putri bangsawan yang hidup   berkecukupan. Dalam hatinya, ia mempunyai dua jalan yang harus dipilih, yaitu penghidupan enak, penuh kesenangan, tapi kosong tanpa tujuan, atau penghidupan yang mempunyai tujuan, tapi harus dikejar dengan kerja keras dan segala tenaga. Dan dia pun, memilih jalan yang kedua.
Ia dijuluki The Lady Of The Lamp karena pada waktu malam hari ia selalu berkeliling untuk menggembirakan pasien dengan membawa lentera.
Pada tahun 1862, penngalaman Jean Hendry Dunant di Salverino ditulis dalam sebuah buku yang berjudul “Memory Of Salverino” (kenang-kenangan di Salverino) yang isinya  untuk mengorganisir perkumpulan pertolongan di masa damai dalam setiap Negara untuk menolong orang yang terluka dalam perang dari kedua belah pihak, baik kawan maupun lawan mendapat perlakuan yang sama.
Pada tahun 1863 di bentuk komote lima, yaitu:
-          Jean Hendry Dunant
-          Jean G. H. Dufour
-          Hakim Gustav Moinier
-          Dr. The Order Mounier
-          Dr. Louis Afia
LIGA (himpunan palang merah dan bulan sabit merah) lahirnya diawali oleh keadaan setelah berakhirnya perang dunia I. pada waktu itu terjadi kondisi khusus yang sangat memperhatinkan. LIGA lahir pada tahun 1919 yang dipelopori oleh Mr. Hendry F. Davinson, pada mulanya beranggota lima Negara, yaitu Amerika, Prancis, Inggris, Italia, dan Jepang.
Moto LIGA: 
-          Inter Arma Carritas (kita semua bersaudara)
-          Perhumanitatem Ad Pacem (perdamaian melalui kemanusiaan)
Palang Merah dan Bulan Sabit Merah terjadi karena banyaknya anggota LIGA menggunakan perhimpunan Bulan Sabit Nasional. Maka pada tahun 1983 mempunyai nama yaitu LIGA PERHIMPUNAN PALANG MERAH DAN BULAN SABIT MERAH, atau LRCRC (League Of Red Cross Cressent Societies).
Logo LIGA:






Palang Merah Indonesia (PMI)
Tanggal 21 Oktober 1853, Belanda mendirikan Palang Merah di Indonesia dengan nama Nerkai (Nederland Road Cross Of Devina).
Mulai tahun 1938 putra Indonesia mulai berjuang untuk mendirikan Palang Merah yang diprakarsai oleh Dr. RCL Sebduk dan Dr. Bahder Djohan, beberapa kali pembentukan Palang Merah di Indonesia di tolak balik oleh Belanda ataui Jepang.
setelah kemerdekaan, yakni tanggal 3 September Ir. Soekarno memerintahkan untuk membentuk suatu badan Palang Merah Nasional, dan sebagai tindakan lanjutnya Presiden  mengangkat Doktor Boentara Marta Atmojo sebagai Mentri Kesehatan RI.
Tanggal 5 September 1945 dibentuk pamitia lima, yaitu
-          Ketua:                   Dr. R. Mochtar
-          Sekertaris:          Dr. Bahder Djohan
-          Anggota:              Dr. Joehana, Dr. Marzuki, Dr. Sitanala.
Tanggal 17 September 1945 Panitia Lima berhasil menyusun pengurus besar PMI dan dilantik oleh Dr. Moch. Hatta sebagai pengurus besar pleno di Jl. Surya No. 3 Jakarta.

Palang Merah Remaja (PMR)
PMR dibnentuk opleh PMI pada tanggal 1 Maret 1950 yang dipimpin oleh Nona Siti Dasimah, dan Nona Paramita Abdulrahman. Sebelumnya nama PMR adalah PMP (palang merah pemuda)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar